Sabtu, 06 Maret 2010

METODOLOGI PENELITIAN

Pertemuan ke dua.

Jenis Penelitian

Penelitian dibedakan berdasar:
1.Berdasarkan atas pemakaian hasil
2.Berdasarkan atas data yang dikumpulkan
3.Berdasarkan atas pengelompokan ilmu
4.Berdasarkan atas tingkatannya
5.Berdasarkan atas jumlah bidang ilmu
6.Berdasarkan atas jumlah peneliti

Berdasarkan atas pemakaian hasil
# Penelitian Dasar (Basic research)
1.Pola pikir bertolak dari ilmu dasar yaitu ilmu alam, budaya dan kimia
2.Berusaha untuk menemukan konsep-konsep ilmu yang baru
3.Hasilnya belum dapat diaplikasikan secara langsung dimasyarakat
Contoh: kandungan zeolit pada abu sekam padi, kandungan unsur kimia sarang burung walet, dan pengaruh kebutaan terhadap perkembangan anak
# Penelitian Terapan (Applied Research)
1.Merupakan aplikasi penelitian dasar
2.Pola pikir bertolak dari ilmu terapan
3.Hasilnya dapat diaplikasikan secara langsung di masyarakat
Contoh: Pembuatan air acu dari air limbah AC, Pembuatan diatomea untuk bata ringan, pembuatan asam humat dari batubara

Berdasarkan atas data yang dikumpulkan
# Penelitian kuantitatif
1.Data yang dikumpulkan dinatakan dalam bentuk nilai absolut
2.Pada umumnya dilakukan pada penelitian rekayasa
3.Hasilnya bersifat lebih obyektif
Contoh: penelitian kuat baja pasca bakar, evaluasi nilai ambang batas polutan di daerah pemukiman, kelenturan beton berserat
# Penelitian Kualitatif
1.Data yang dikumpulkan dinyatakan dalam bentuk nilai relatif
2.Pada umumnya dilakukan pada penelitian sosial
3.Hasilnya bersifat obyektif, berlaku sesaat dan setempat
Contoh: evaluasi jam belajar masyarakat, frekuensi unjuk rasa pasca reformasi, tingkat pendidikan di daerah merginal

Berdasar atas pengelompokan ilmu
# Penelitian ilmu-ilmu sosial
1.Data ditekankan pada pola tata hubungan masyarakat
2.Kejadian lebih bersifat situasional dan dinamis
3.Hasil penelitian dapat digeneralisir sejauh variabelnya sama
Contoh: budaya masyarakat migran, persepsi masyarakat adat terhadap modernisasi, pola hidup mahasiswa di Yogyakarta
# Penelitian ilmu-ilmu eksakta
1.Data diutamakan dari hasil eksperimen
2.Hasilnya dapat dites kapan saja
3.Generalisasi hasil dapat dilakukan sejauh variabelnya sama
Contoh: daya tembus sinar laser, pengaruh mercury terhadap kinerja syaraf, komposisi unsur kimia meteorit Wonotirto

Berdasarkan atas tingkatanya
#Penelitian Penjajagan (exploratory)
1.Tujuannya untuk mengenal atau memperoleh pandangan baru tentang suatu gejala
2.Dapat merumuskan masalah penelitian dengan lebih baik
3.Dapat merumuskan hipotesis
Contoh: pencarian minyak bumi di lepas pantai, daya tembus sinar Rontgen, Potensi Sumberdaya alam pulau Seribu
# Penelitian Penjelasan (explanatory)
1.Untuk menguji hubungan sebab-akibat
2.Terdapat hubungan antar variabel bebas dan variabel terikat
3.Hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat tidak simetrik yang diartikan penyebabnya ada terlebih dahulu baru terjadi akibat
Contoh: Kelelahan konstruksi baja pasca kebakaran, Pengaruh gagal ginjal, berbagai alternatif pencegahan banjir

Berdasar atas jumlah bidang ilmu
# Penelitian Monodisiplin
1.Dilakukan secar mendalam pada suatu obyek tertentu
2.Pengembangan ilmu mengarah ke vertikal sedang pengembangan ke arah lateral sudah mulai ditinggalkan
3.Keterkaitan dengan bidang ilmu lain tidak terlihat nyata
Contoh: budidaya udang galah air tawar, kesenian kuda lumping, adat masyarakat betawi
# Penelitian multi disiplin/interdisiplin
1.Melibatkan berbagai kepakaran ilmu
2.Penelitian bersifat multisektoral
3.Bertujuan menyelesaikan masalah yang ada dimasyarakat secara holistik
Contoh: evaluasi pembangunan selama Pelita IV, Gejala menurunnya rasa persatuan dan kesatuan bangsa, Budaya bohong merambah dikalangan atas

Berdasarkan atas jumlah peneliti
# Penelitian mandiri
1.Berarah pada pendalaman disiplin ilmu
2.Ruang lingkup penelitian terbatas
3.Kegiatan analisis, pembahasan dan penyimpulan dilakukan oleh seorang peneliti
Contoh: evaluasi curah hujan tahunan, vaksinasi ternak pada usia produktif, budidaya burung walet
# Penelitian kelompok
1.Mengarah pada penelitian multidisiplin
2.Salah satu anggota peneliti bertindak sebagai penanggung jawab
3.Berusaha mengambil kesimpulan secara holistik
Contoh: penelitian daerah aliran sungai Serayu, Konflik sosial di daerah perbatasan, dampak pembajakan kaset.

Tujuan Utama Penelitian
Dinegara maju kegiatan penelitian didominasi oleh institut/universitas dengan pertimbangan:
1.Di tempat tsb sarana dan prasarana penelitian tersedia leib lengkap
2.Ditempat tersebut tersedia sumber daya manusia yang dapat diandalkan
3.Kebebasan akademis memungkinkan pengembangan semua ilmu

Tujuan suatu penelitian dapat berupa:
1.Peneliti ingin mendapatkan sesuatu yang baru
2.Peneliti ingin mengembangkan sesuatu yang sudah ada dengan peningkatan atau melakukan modifikasi
3.Peneliti ingin membuktikan kebenaran dari suatu teori atau hasil penelitian yang lain.
Untuk mencapai hal tsb, maka seorang peneliti harus:
1.Menguasai ilmunya
2.Mengetahui cara / metodenya
3.Mengetahui masalahnya
4.Mempunyai rasa ingin tahu
5.Yang satu sama lain saling berkaitan dan melengkapi