Senin, 05 April 2010

KONSEP & FUNGSI PEMASARAN

KONSEP & FUNGSI PEMASARAN
Kesuksesan bisnis dalam persaingan sangat dipengaruhi oleh banyak faktor
Usaha yang bisa dilakukan :
a.Peningkatan kemampuan karyawan
b.Menjaga kualitas produk
c.Optimalisasi dana
d.Peningkatan kemampuan pemasaran

“Pemasaran adalah suatu proses individu & kelompok memeperoleh yg dibutuhkan & inginkan melalui penciptaan dan pertukaran barang dan nilai dengan yg lain”.

-Manajemen pemasaran = analisis, perencanaan, implementasi, dan pengendalian program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan target pembeli untuk mencapai tujuan organisasi.

1.PRODUK
Yang bisa digolongkan produk adalah :
-barang fisik : sepeda motor, mobil, pasta gigi, mebel, dll
-jasa : rumahsakit, kepolisian, telkom, konsultan, hotel,dll
-orang : artis, menteri, pelawak, atlit, dll
-tempat : taman rekreasi, tempet parkir, gedung pertunjukan, dll
-organisasi : orsospol, organisasi kampus, yayasan, dll
-ide : pemikiran & konsep

2.HARGA
= jumlah uang yang dtagihkan untuk suatu produk atau jasa, atau jumlah dari nilai yang dipertukarkan konsumen untuk manfaat produk dan jasa.
Manfaat penetapan strategi harga :
a.Isyarat bagi pembeli
b.Insrumen persaingan
c.Perbaikan kinerja keuangan
d.Pertimbangan bauran pemasaran (terkait variabel lain).

Tujuan penetapan harga :
a.Mendapatkan posisi pasar, misal harga rendah untuk mendapatkan penjualan.
b.Mencapai kinerja keuangan: kontribusi laba & arus kas
c.Penentuan posisi produk : mencitrakan produk, promosi kegunaan
d.Mempengaruhi persaingan

3.DISTRIBUSI
-Adalah saluran/proses bergeraknya produk dari produsen ke konsumen.
-Mengatasi kesenjangan utama dalam hal waktu, tempat, & kepemilikan yg memisahkan barang/jasa dari mereka yang akan menggunakannya.

Fungsi lain yang dijalankan saluran distribusi :
a.Fungsi informasi: mengumpulkan & mendistribusikan riset pemasaran utk merencanakan & membantu pertukaran.
b.Fungsi promosi: menyebarkan komunikasi persuasif penawaran
c.Fungsi kontak: menemukan & komunikasi dg calon pembeli.
d.Fungsi penyesuaian: membentuk & menyesuaikan tawaran dg kebutuhan pembeli, termasuk pembuatan, pemilihan, perakitan, & pengemasan
e.Fungsi negosiasi: mencapai persetujuan harga & syarat lain dari tawaran sehingga kepemilikan dapat dipindahkan.

4.PROMOSI
-Fungsi promosi dalam bauran pemasaran adalah untuk mencapai berbagai tujuan komunikasi dengan setiap konsumen.
-Komponen promotion mix:
i.periklanan
ii.penjualan perorangan
iii.promosi penjualan
iv.hubungan masyarakat

Tidak ada komentar: