Selasa, 12 April 2011

OPEN SOURCE

Open Source adalah sebuah sistem baru dalam mendistribusikan software kepada pengguna dengan memberikan program dan source code nya secara gratis! Bahkan pengguna dapat mempelajari dan melakukan modifikasi untuk membuat software tersebut sesuai dengan kebutuhan mereka.

Berikut adalah keuntungan software Open Source :

Sisi pengguna :

1 . Gratis
2 . Pengguna dapat terlibat dalam pengembangan program karena memiliki source code nya
3 . Respon yang baik dari pemakai sehingga bug dapat ditemukan dan diperbaiki dengan lebih cepat.

Sisi developer :

1 . Seluruh komunitas mau dan dapat membantu untuk membuat software anda menjadi lebih baik
2 . Tidak ada biaya iklan dan perawatan program
3 . Sebagai sarana untuk memperkenalkan konsep anda

Linux adalah sebuah contoh yang bagus. Banyak sistem operasi yang berusaha meniru kisah sukses Linux, tetapi Linux tetap  yang  paling  sukses hingga saat ini. Aspek positif dari Open Source adalah penerimaan yang luas untuk software yang benar-benar bagus. Tetapi keuntungan  tersebut  tidak cukup, terutama untuk orang  yang   memang   bekerja  dengan   membuat   program (programmer), mereka  membutuhkan  uang  untuk  melanjutkan  pengembangan software mereka (dan untuk makan tentunya).

Mungkin beberapa dari pembaca berpikir, ini gila, jika kita membagi-bagikan software kita dengan gratis, bagaimana kita dapat bertahan? Bagaimana kita dapat menghasilkan uang?Tapi tunggu,ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk menghasilkan uang dari ekonomi Open Source ini. Tapi penting untuk diketahui bahwa hanya software yang memang bagus yang dapat bertahan dan menghasilkan uang, program yang jelek tidak dapat bertahan (kecuali anda memaksa orang-orang untuk membelinya!).Berikut adalah beberapa diantaranya:

1 . Jual program dan source code dan manual book dalam sebuah box, program tersebut gratis jika pengguna mau mendownloadnya sendiri, tetapi pengguna harus membayar untuk mendapatkan produk komersialnya.
2 . Jual program tambahan yang memanfaatkan teknik tingkat tinggi program Open Source anda.
3 . Jual dukungan teknis untuk membantu pengguna menggunakan produk tersebut.
4 . Jual jasa untuk customize program sesuai dengan kebutuhan pengguna.
5 . Sisipan iklan pada software.
6 . Mencari sponsorship dari perusahaan yang berhubungan dengan software yang dibuat.


#sumber : copy paste .

Tidak ada komentar: