Jumat, 18 November 2011

Materi Elektronika Komunikasi


Mixer .
Adalah sebuah peralatan elektronik yang berfungsi memadukan (lebih populer dengan istilah "mixing"), pengaturan jalur (routing) dan mengubah level, serta harmonisasi dinamis dari sinyal audio.

Resonansi .
Merupakan proses bergetarnya suatu benda dikarenakan ada benda lain yang bergetar, hal ini terjadi dikarenakan suatu benda bergetar pada frekwensi yang sama dengan frekwensi benda yang terpengaruhi.
atau .. 
Ikut bergetarnya benda lain karena memiliki frekuensi yg sama .
manfaatnya dalam telekomunikasi adalah pada antena.dimana gelombang elektromagnet dengan frekuensi tertentu mengalami resonansikan pada rangkaian penala antena,,sehingga sinyal informasi dan carriernya dapat diterima .

Modulasi .
Adalah proses penumpangan sinyal informasi (vm) , (suara, gambar, data) terhadap frekuensi pembawa (vc) yang memiliki frekuensi lebih tinggi dari sisi pengirim ke sisi penerima. Teknik modulasi pada sinyal analog, secara garis besar dibagi atas 3, yaitu Modulasi Amplitudo (Amplitude Modulation/AM), Modulasi Frekuensi (Frequency Modulation/FM) dan Modulasi Phasa (Phase Modulation).
AM(Modulasi amplitudo)
Adalah salah satu bentuk modulasi dimana amplitudo sinyal pembawa di variasikan secara proposional berdasarkan sinyal pemodulasi (sinyal informasi). Frekuensi sinyal pembawa tetap konstan. Contoh dari amplitude modulation adalah metode pertama kali yang digunakan untuk menyiarkan radio komersil.
Kelemahannya :
1. Dapat terganggu oleh gangguan atmosfir.
2. Bandwith yang sempit juga membatasi kualitas suara yang dapat dipancarkan.
FM(Modulasi frekuensi)
Adalah suatu bentuk modulasi dimana frekuensi sinyal pembawa divariasikan secara proposional berdasarkan amplitudo sinyal input. Amplitudo sinyal pembawa tetap konstan.
Kelebihan dari frequency modulation adalah :
1. FM lebih tahan terhadap gangguan sehingga di pilih untuk sebagai modulasi standart untuk frekuensi tinggi.
2. Noise lebih kecil (kualitas lebih baik).
3. Daya yang dibutuhkan lebih kecil.
Kekurangan dari frequency modulation adalah:
1. Modulasi frekuensi memerlukan bandwidth yang lebih lebar dari pada modulasi amplitudo.

Demodulasi .
Adalah proses mengkodekan kembali sinyal analog menjadi sinyal digital. Ketika data ditransfer melalui saluran telepon, modem melakukan proses modulasi terhadap data yang dikirim. Pada waktu data sampai pada penerima, modem mengkodekan ulang (demodulasi) sinyal ke dalam bentuk data digital.
Ada 2 metoda utama untuk Demodulasi AM:
Envelope (Non-coherent) Detection/Demodulation.
Synchronized (Coherent) Demodulation.

Osilator
Prinsip kerja osilator memanfaatkan feedback positif. Adapun jenis  osilator terdiri dari osilator RC dan osilator LC. Pada frekuensi di bawah 1 MHz, kita dapat menggunakan osilator RC untuk menghasilkan gelombang sinus yang hampir sempurna. Osilator frekuensi rendah ini menggunakan penguat operasional dan rangkaian resonansi RC untuk menentukan frekuensi osilasinya. Diatas 1 MHz, digunakan osilator LC. Osilator frekuensi tinggi ini menggunakan transistor dan rangkaian resonansi LC.
Untuk membentuk osilator sinusoidal, kita menggunakan penguat dengan umpan balik positif. Idealnya adalah dengan menggunakan isyarat umpan balik pada sinyal keluaran. Jika sinyal umpan balik cukup besar dan mempunyai fase yang benar, akan menyebabkan adanya sinyal keluaran meskipun tidak ada sinyal masukan ekstenal.