Jumat, 21 Januari 2011

Clipper

Sebuah sirkuit yang menghilangkan puncak gelombang yang dikenal sebagai sebuah clipper. Sebuah clipper negatif ditunjukkan pada Gambar di bawah ini . Diagram skematis dibuat dengan program menangkap Xcircuit skematis. Xcircuit menghasilkan daftar Gambar bersih SPICE di bawah ini , kecuali untuk yang kedua, dan di samping sepasang baris terakhir yang dimasukkan dengan editor teks. 









Clipper: klip negatif puncak pada -0,7 V.

Selama setengah siklus positif dari masukan puncak 5 V, dioda dibalik bias. Seolah-olah dioda tidak ada di sana. Siklus setengah positif tidak berubah pada output V (2) pada Gambar di bawah ini . Sejak puncak output positif benar-benar lapisan yang sinewave input V (1), input telah bergeser ke atas di plot untuk kejelasan. Dalam Pala, modul tampilan SPICE, perintah "plot v (1) +1)" menyelesaikan ini.





















Bentuk yang paling umum dari clipper dioda ditunjukkan pada Gambar di bawah ini . Untuk dioda yang ideal, kliping terjadi pada tingkat tegangan kliping, V1 dan V2. Namun, sumber-sumber tegangan telah disesuaikan untuk memperhitungkan penurunan 0,7 depan V dioda silikon nyata. D1 klip di 1.3V 0,7 V = 2.0V. D2 klip di-2.3V-0.7V =- 3.0V.













D1 klip yang sinewave masukan pada 2V. D2 klip di-3V.





















D1 klip yang sinewave di 2V. D2 klip di-3V.


Sebuah aplikasi praktis dari clipper adalah untuk mencegah sinyal suara diperkuat dari overdriving pemancar radio di Gambar di bawah ini .







1 komentar:

chocollatteicecream mengatakan...

boleh buat tambahan materi..:Ddhe