Jumat, 14 Januari 2011

KENDALI ROBOT MANUSIA

Bentuk Robot Manusia Secara Umum










Robot manusia adalah ;
Robot yang memiliki bentuk manusia atau memiliki bentuk atau sistem gerak menyerupai manusia. Robot manusia juga sering disebut dengan robot Humanoid.

Robot adalah ;
Suatu sistem elektronik yang diberi kecerdasan buatan untuk mengendalikan perangkat mekanik sehingga dapat bergerak sesuai algoritma program yang dimasukan pada Prosesor Robot tersebut. Secara umum robot dibuat dengan tiga buah bagian pokok yaitu sistem sensor, sistem kontrol dan sistem pengerak.

Sensor
Sensor merupakan alat pengindraan robot terhadap lingkungan sekitar. Dalam suatu kondisi robot memerlukan sensor untuk menengetahui keadaan sekitarnya. Hal ini dilakukan untuk menetapkan apa yang harus dilakukan oleh robot tehadap lingkungan tersebut.
Contoh sensor
  • Sensor ultrasonik sebagai pengukur jarak 
  • Sensor warna
  • Sensor api 
  • Sensor suara
  • Sensor kamera
  • dll  

Sistem Kontrol ;
Sistem kontrol pada suatu robot biasanya berupa microprocessor atau microcontroller.Dimana sistem kontrol mengendalikan sistem gerak robot berdasarkan input yang diperoleh dari sensor.

Sistem Penggerak ;
Sistem penggerak dari sebuah robot humanoid biasanya berupa motor. Bisa motor servo, motor dc dan lain sebagainya.

Metode Sistem Kendali Gerak dari Robot Penari ;
  • Robot aktif ketika microphone mendapat inputan suara. Suara yang diterima dan dilewatkan rangkaian Op Amp dan komparator akan menghasilkan sinyal digital dan mengaktifkan mikrokontroler 2, yang kemudian akan memberikan sinyal ke mikrokontroler 1 untuk mengaktifkan aktuator kepala, lengan, badan, dan kaki.
  • Mikrokontroler 2 juga mengendalikan sensor line detector, sehingga robot dapat mengetahui posisi track . Robot juga diprogram agar dapat melakukan gerakan sesuai dengan alunan musik dan melakukan gerakan sesuai dengan jalur atau track yang telah ditentukan.
      
         Gambar  Metode sistem kendali gerak
  • Pada saat level suara mencukupi untuk dapat mengaktifkan robot, mikrokontroler pada saat yang bersamaan mulai menghitung lama waktu irama musik pengiring sehingga saat suara musik pengiring dihentikan, mikrokontroler akan berhenti (halt) menghitung waktu irama musik pengiring. Sistem seperti inilah yang akan dapat mensinkronkan gerak robot dan musik pengiring dengan mudah, murah dan efisien.



Tidak ada komentar: