Jumat, 14 Januari 2011

KENDALI ROBOT CERDAS

ROBOT CERDAS WHEELED DAN LEGGED

Desain Robot
            Type Wheeled                                                 Type Legged

Robot Cerdas
  1. Sistem geraknya berupa motor DC untuk tipe wheeled dan motor servo untuk tipe legged.
  2. Sensor & interface :
  • Ultrasonik/IR sebagai sensor jarak.
  • LDR/IR/photodioda sebagai sensor warna lantai.
  • Sensor panas.
  • Pre-amp sebagai sensor suara.
  • LCD sebagai display.

Dibawah ini gambar diagram sistem kendali Robot Cerdas.


Algoritma Kerja robot ;
  1. Menghidupkan power supplay robot dengan menekan tombol power dan menaruhnya dilintasan.
  2. Prosessor robot akan aktif setelah adanya sumber suara yang akan diterima oleh tone detector.
  3. Robot bergerak berdasarkan keluaran detektor jarak, detector warna dan detector api. Untuk awal perjalanan robot akan menon-aktifkan sensor warna. Dan langsung berjalan berdasar inputan detector jarak dan detector api untuk keluar dari base.
  4. Robot akan langsung menggunakan mode adventure, mode ini untuk menjelajahi arena. Sensor yang dipakai pada mode ini adalah sensor jarak dan sensor warna. Sensor jarak digunakan agar robot tidak menabrak batas tembok arena, sedangkan sensor warna dipakai sebagai indikator masuk ruangan.
  5. Robot akan berbelok jika melihat adanya persimpangan, ketika memasuki ruangan maka sensor warna akan aktif karena perbedaan warna lantai. Ketika menemukan ruangan maka robot akan berubah mode ke mode firebot. Mode ini akan mencari sumber api dalam ruangan, robot mencari sumber api dengan kecepatan sedang. Pada mode ini yang bekerja adalah sensor panas dan sensor lantai untuk mengetahui letak lingkaran api.
  6. Jika ditemukan api maka robot akan mendekati dan menempatkan posisi yang tepat dengan melihat keseimbangan antara intensitas masukan sensor panas disebelah kanan dan sisi kiri sensor, kemudian mendekati sampai jarak tertentu dan akan meniupkan kipas.
  7. Setelah sumber api mati, maka robot akan keluar ruangan dan akan mengaktifkan kembali mode adventure untuk mencari ruangan yang selanjutnya.
  8. Robot mengaktifkan mode home, yang membuat robot ini  kembali ke base dengan memutar balik data navigasi dan berjalan langsung menuju base.
  9. Setelah sampai ke base, robot mengaktifkan mode base untuk menempatkan diri ditempat base semula.
Contoh Lintasan Robot Cerdas pada Kontes Robot Cerdas Indonesia


Tidak ada komentar: